B - Kamus Kata / Istilah Perhubungan

Kamus kata / Istilah dalam perhubungan laut :

Badan Klasifikasi - Lembaga klasifikasi kapal yang melakukan pengaturan kekuatan konstruksi dan permesinan kapal, jaminan mutu material marine, pengawasan pembangunan, pemeliharaan dan perombakan kapal sesuai dengan peraturan klasifikasi.

Badan Usaha - Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah atau badan hukum Indonesia yang khusus didirikan untuk pelayaran

Badan Usaha Pelabuhan - Badan usaha yang kegiatan usahanya khusus di bidang pengusahaan terminal dan fasilitas pelabuhan lainnya.

Badan Usaha Pelabuhan (BUP) - Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah yang khusus didirikan untuk mengusahakan jasa kepelabuhan di pelabuhan umum.

Ballast - Pemberat pada kapal yang biasanya digunakan oleh kapal-kapal pengangkut kargo setelah kargo tersebut dibongkar. Sehingga kapal tidak kehilangan keseimbangan saat melaju tanpa muatan. Kapal kargo yang tanpa muatan biasanya memasukkan air laut untuk pemberat, kondisi ini dinamakan "ballast".

Bangunan atau Instalasi - Setiap konstruksi baik berada di atas dan/atau di bawah permukaan perairan.

Bar Taut - Kondisi tali saat mengalami tekanan sedemikian rupa hingga menjadi kaku

Bareboat Charter - Proses peminjaman kapal kosong oleh penyewa berdasarkan perjanjian sewa-menyewa antara pemilik kapal dan penyewa, dengan tarif sewa yang telah ditentukan. Pada saat kapal tersebut disewa maka menjadi milik penyewa dan bertanggungjawab atas segala biaya operasional kapal dan kru kapal serta asuransi kapal sampai batas perjanjian selesai.

Barque - Kapal layar dengan tiga atau lebih tiang layar, yaitu tiang belakang yang dipasang pada haluan dan buritan dan tiang lainnya yang dipasang pada tengah kapal.

Barquentine - Kapal layar dengan tiga atau lebih tiang layar, yaitu tiang depan yang dipasang pada bagian tengah kapal dan tiang lainnya yang dipasang pada haluan dan buritan.

Barratry - Tindakan operasional yang tidak sesuai dengan prosedur atau etika yang dilakukan secara sengaja oleh nahkoda atau anak buah kapal tanpa sepengetahuan pemilik barang atau kapal dan menimbulkan kerugian bagi pemilik kapal maupun pemilik barang.

Beams Ends - Keadaan kapal saat garis geladaknya hampir berposisi vertikal karena terlalu lama dalam keadaan diam.

Bear Off - Menapiskan, menjauhkan; perintah yang diberikan kepada awak kapal di bagian haluan untuk menjauhkan kapal dari dinding dermaga atau obyek lainnya yang berada di sisi kapal' perintah menjauhkan kapal dari obyek yang bergerak mendekat.

Before the Mast - Sebutan untuk seseorang yang telah lama berlayar; di depan tiang kapal.

Belay - Istilah yang sering digunakan pelaut yang menyatakan penangkapan atau membatalkan, menghentikan sesuatu; mengikat tali secara cepat dengan melilitkannya pada paku, atau obyek lain.

Berth - Tempat di mana sebuah kapal sedang di tambatkan atau diamankan; tempat di sekitar kapal yang dipasangi jangkar atau yang akan dilempar jangkat; akomodasi terbadi dalam kapal; perekrutan kru kapal; menempatakan kapal pada tempat yang diinginkan.

Boat - Kapal kecil yang biasanya digunakan untuk mengangkut penumpang atau kegiatan lainnya dalam skala yang kecil dan untuk jangkauan jelajah yang kecil pula.

Bone - Busa yang terdapat pada baling-baling kapal yang sedang bergerak yang biasanya jarang diketahui atau diperhatikan.

Bobby Hatch - Penutup yang dapat digerakkan secara meluncur yang biasa terdapat pada kabin kapal kecil, ruang penyimpanan atau kantor kru kapal.

Bound - Proses menuju tujuan tertentu atau tempat yang spesifik.

Bouse - menghela atau menyeret tali ke bawah. Sebenarnya menghela berarti menarik ke atas, menyeret berarti menarik secara horizontal. Perpaduan kata ini berarti menarik tali ke bawah.

Bowse - Menjatuhkan tali ke bawah

Breach - Sebutan bagi gelombang atau ombak yang menghantam kapal hingga rusak

Breast - Garis pemasangan jangkar yang kurang lebih tegak lurus dengan garis haluan dan buritan kapal.

Breast Rope - Tali jangkar yang terpasang dari bagian haluan atau tengah kapal dengan sudut yang tepat terhadap garis depan dan belakang kapal.

Brig - Kapal dengan dua buah tiang

Brigantine - Kapal perompak atau bajak laut; kapal bertiang dua yaitu tiang depan dan tiang utama tetapi dengan layar utama depan dan belakang, yang ada pada abad 19; pengertian pada kapal masa kini adalah kapal bertiang dua dengan tiang depan dan tiang utama.

Bucko - Petugas/pengawas yang suka mengertak dan kejam

Buku Petunjuk Pelayaran - Buku kepanduan bahari yang berisi petunjuk atau keterangan yang dipergunakan sebagai pedoman bagi para awak kapal agar dapat berlayar dengan selamat.

Bulk Carrier - Sebuah kapal dengan geladak tunggal untuk membawa kargo/muatan yang sejenis.

Bulkhead - Bagian depan dan buritan, pembagian bagian kapal secara vertikal untuk memisahkan interior menjadi beberapa kompartemen. Dapat tembus air, meningkatkan rigiditas struktur kapal, dapat melokalisasi efek kebakaran dan air jika terjadi banjir.

Bulk-Oil Carrier - Kapal multifungsi yang dibuat untuk mengangkut  batubara atau minyak. Kapal ini biasanya memiliki penutup tahan air agar batubara tidak basah ketika hujan.

Bunker - Bahan bakar minyak yang digunakan untuk mengoperasikan mesin kapal atau generator

Buoyage - Kondisi di mana pelampung sedang dilemparkan atau diletakkan di lautan untuk menolong orang atau untuk menstabilkan kondisi kapal.

By the Board - Di atas kapal atau di sebelah kapal.


Baca Juga