F - Kamus Kata / Istilah Perhubungan

Kamus kata / Istilah dalam perhubungan laut :

Fair - Mengatur, mengubah atau menyesuaikan bentuk atau ukuran

Fairway - Jalur air yang dapat dilewati kapal, baik berupa terusan, pelabuhan atau sungai.

Fake - Satu lingkaran kumparan atau tali; membentuk kumparan atau mengukur tali untuk ornamen menjadi datar atau tampak datar yang biasanya berbentuk lingkaran atau segi delapan. Kadang disebut juga "cheesing down".

Fang - Katup kotak pompa. Memancing pompa

Farewell Buoy - Pelampung untuk digunakan pada tepi  laut yang diberikan dari dermaga.

Fasilitas Alur Pelayaran - Sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kelancaran lalu lintas kapal, antara lain Sarana Bantu Navigasi-Pelayaran, Vessel Traffic Services dan Stasiun Radio Pantai.

Fast - Tambang untuk menambatkan kapal; sebutan untuk kapal saat sedang ditambatkan.

Feather Spray - Air berbusa yang yang naik dengan cepat sebelum buritan kapal berjalan dan baling-baling berputar di air.

Feeder Vessel - Kapal laut jarak dekat untuk mengambil dan membawa barang dan kontainer dari atau menuju kapal laut besar.

Fiddles - Perekat untuk bahan kayu yang digunakan pada meja makan kapal pada cuaca yang buruk. Perekat ini akan membatasi gerakan piring, gelas dan alat atau tempat makan lainnya.

Field Ice - Bongkahan es yang ujung-ujungnya tidak dapat dilihat dari kapal.

Flake - Menggulung tali sehingga masing-masing dua ujung gulungan berjejer pada geladak bersebelahan dengan gulungan tali yang lain, sehingga tali dapat lebih mudah dilepaskan.

Fleeting - Memindahkan moving block pada katrol dari satu tempat ke tempat lain.

Flo-flo-ship - Kapal khusus yang dapat menyelam sehingga kargo pada kapal dapat terapung atau hanyut, misalnya pada pengangkutan alat dongkrak yang dapat di bawah dengan cara "piggy back" dengan flo-flo-ship.

Flotsam, Flotson - Barang-barang dan perabot yang masih terapung-terapung setelah menjadi kecelakaan kapal.

Fly Boat - Kapal boat cepat untuk perjalanan penumpang atau lalu lintas kargo pada perairan yang aman.

Fothering - Menutup lubang kecil pada bagian bawah kapal yang berada dalam air dengan menambalnya dengan layar yang diisi kayu berat.

Founder - Terisi dengan air dan tenggelam

Frazil - Es terapung berukuran kecil pada air sungai. Sebutan ini juga digunakan untuk lapiran es yang baru terbentuk pada laut.

Freshen the Nip - Menikung atau menari sedikit bagian tali sehingga bagian tali yang rusak atau terkoyak dapat terbuang atau digantikan dengan bagian yang masih baru.

Full and By - Berlayar dengan semua layar terkembang.


Baca Juga