Taman Ramadanu Destinasi Wisata Bunga yang Hits di Magelang

Taman Ramadanu mulai dibuka sejak pertengahan Bulan Ramadan 2018. Nama Ramadanu terdiri dari dua kata, yakni Rama dan Danu. Rama digunakan karena taman ini dibuka pada bulan Ramadan, sementara Danu dari nama dusun Danurojo.

Berdiri atas inisiatif pemuda karang taruna Danurojo, pembangunan Taman Ramadanu dimulai dani nol. Sebelum taman ini ada, aliran sungai di sekitarnya kotor dan penuh sampah.

Ketika merencanakan pembangunan taman, karang taruna terlebih dahulu mengajak warga untuk membersihkan sungai. Setelah itu, barulah pembangunan taman dimulai. Kincir angin yang ada pun dibuat dari kayu dan seng bekas.


Saat ini Taman Ramadanu tengah memasuki season 2. Bunga celosia memang indah, tetapi memiliki masa mekar tertentu. Saat musim kemarau, bunga celosia mampu mekar selama empat bulan lamanya.

Namun pada musim penghujan, kemungkinan waktu mekar bunga celosia tidak selama ketika kemarau. Pengelola mengatakan, kemungkinan di season 2 ini bunga celosia akan bagus-bagusnya hingga akhir Januari 2019.


Penanaman kembali diperkirakan dilakukan pada pertengahan Februari 2019. Pengunjung mungkin masih bisa datang ke taman ini saat penanaman kembali karena bunga di bagian belakang diprediksi masih mekar sehingga masih bisa digunakan untuk berfoto.


Fasilitas Taman Ramadanu

Mushola & Toilet
Taman Ramadanu menyediakan tempat ibadah bagi umat muslim yaitu musholha. Mushola yang berada disebelah timur kolam terapi dengan suasana sejuk dengan dilengkapi tempat wudhu dan 2 toilet.

Food Court
Taman Ramadanu juga berdampak positif bagi warga sekitar khususnya warga dusun Danurojo. Hal ini akan membuka lapangan usaha atau UMKM kecil untuk menyediakan makanan ataupun marchendise dari Taman Ramadanu. Makanan ataupun minuman akan mendukung Taman Ramadanu, apalagi saat udara panas di siang hari. Pengunjung melepaskan lelah sambil makan, minum. Makanan yang tersedia sangat beragam dari makanan cepat saji hingga ada yang harus di masak terlebih dahulu, untuk harga makanan dan minuman relatif terjangkau bagi pengunjung dari 5 ribu sampai 20 rb.


Fasilitas Lain
Ketika pengunjung setelah berswafoto ataupun hanya ingin melepaskan penat Taman Ramadanu menyediakan beberapa gazebo, tempat duduk yang enak. fasilitas ini terdapat disebelah timur setelah pintu masuk. tempat ini sangat sejuk karena berada dibawah pohon rindang dan kemudian pengunjung dapat terapi dikolam ikan didepan gazebo





Baca Juga