Andong Transportasi Tradisional Yogyakarta Untuk Para Wisatawan

Ditengah kendaraan bermotor yang hilir mudik, kita masih banyak menjumpai kendaraan tradisional peninggalan leluhur di kota Jogja. Sebuah kereta beroda empat yang ditarik kuda, yang kita kenal dengan andong

Andong merupakan alat transportasi tradisional di Jawa, terutama di Yogyakarta. Sejarah andong ini tidak bisa lepas dari keberadaan raja-raja Mataram yang mempunyai kendaraan khusus, yaitu kereta yang ditarik oleh kuda dengan hiasan sedemikan rupa yang disebut kereto kencono. Di Kraton Jogjakarta, masih banyak kereta kerajaan yang disimpan di Museum Roto Jogja.

Andong merupakan bagian dari budaya masyarakat Yogyakarta, yang kemudian menarik wisatawan. Berkeliling Jogja dengan menaiki andong, menikmati suasana kota yang nyaman. Sesuatu yang dibuat dan dibangun dengan tangan tentu memiliki nilai lebih. Memaknai andong bukan hanya sebagai alat transportasi, tetapi andong mampu menghadirkan nilai pengabdian, kesederhanaan, ketulusan dan keindahan.



Yogyakarta, tempat ini memang selalu bisa mencuri hati banyak orang. Sebagai tempat wisata terbesar kedua setelah Bali, Yogyakarta selalu bisa memenuhi hasrat manusia akan suasana baru, petualangan seru hingga budaya yang berbeda.





Baca Juga